Al-Hadits

Memahami Hadits Nabi Sesuai Pemahaman Salafush-Shalih

Jawaban Orang Alim kepada orang yang bertanya abstrak

pada 15 Juni 2012

Saudaraku…semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu.  Selayaknya seorang yang berilmu itu memberikan jawaban kepada orang yang bertanya dengan jawaban yang mengandung pemisalan atau perbandingan.

Ini berlaku juga bagi orang tua kepada anaknya, dimana ketika si-anak bertanya kepada orang tua tentang hal-hal yang abstrak maka orang tua dapat menjawabnya dengan qiyas atau penyerupaan. Hal ini sebagaimana dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam (lihat gambar text arabicnya)

 

image

Artinya:

Bab Tanggapan Seorang Alim kepada yang bertanya dengan menggunakan pemisalan atau perbandingan (qiyas).

Dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu,  Datang seorang laki-laki kepada Rasulullah Shollallahu’alaihi wassalam, lalu dia bertanya,”Wahai Muhammad (shollallahu’alahi wassalam), Apakah Engkau mengetahui bahwa Surga seluas langit dan bumi, lalu dimanakah neraka? Rasulullah Shallallahu’alahi wassalam menjawab: “Apakah engkau mengetahui bahwa malam bagimu adalah kegelapan, dimanakah malam itu diciptakan? Orang itu menjawab” “Allahlah yang tahu” Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam bersabda: ” Maka sesungguhnya Allah  melakukan apa yang Dia kehendaki” Derajat Hadits Shohih tercantum dalam Silsilah Ahadits Ashohihah no. 2892

Faidah Hadits :

Sebagaimana yang dikatakan Ibnu Hibban: “Penyebutan kabar (Jawaban – malam itu bagimu adalah kegelapan dimanakah malam itu diciptakan) adalah menunjukan jawaban orang yang Alim (Faham Ilmu) kepada orang yang bertanya dengan jawaban yang menggunakan metode pemisalan dan perbandingan (qiyas) tanpa menyebut kisah secara terperinci”

Dinukil dari kitab ” نظم الفرائد مما في سلسلتي الألباني من فوائد ” لعبد اللطيف Nudzumul Fawaid Mimma Fi Silsilatai Al-Albani min Fawaid II/291 oleh Abdul Latif bin Ahmad bin Muhammad bin Abi Rabi’ cet. Maktabah Al-Ma’arif th. 1420 H

Tambahan, hadits ini juga berlaku bagi orang tua yang ditanya oleh anaknya tentang hal-hal yang abstrak lagi susah untuk dijelaskan.

Semoga bermanfaat

Abu Kayyisa

——-

artikel : http://belajarhadits.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: