Al-Hadits

Memahami Hadits Nabi Sesuai Pemahaman Salafush-Shalih

MUQADDIMAH USHUL HADIST

pada 13 Juni 2012

بسم الله الرحمن الرحيم
وصلى الله على محمد وآله وصحبه وسلم

Setiap penuntut ilmu, sebelum melangkah untuk mempelajari sebuah cabang ilmu, hendaknya dia mengetahui terlebih dahulu gambaran umum tentang ilmu tersebut. Dengan begitu akan lebih mudah baginya untuk memahami apa yang disampaikan oleh mu’allim. Gambaran umum tersebut dapat diringkas dalam tiga bait nadzam berikut ini.

اِن مبادي كل فن عشرة       الحد والموضوع ثم الثمرة

وفضله ونسبة والواضع     والاسم الاستمداد حكم الشارع

مسائل والبعض بالبعض اكتفي    ومن دري الجميع حازالشرفا

“sesungguhnya prinsip-prinsip dasar sebuah cabang ilmu ada sepuluh : definisitema, dan buahnya.

Keutamaanpenisbatanpeletak dasar-dasarnyapenamaansumber pengambilan dan hukumnya secara syara’

(terakhir) Pembahasannya; yang mana masing-masing saling mencukupi. Siapa yang mengetahui semua itu berarti dia telah memperoleh kemuliaan”

Demikian pula ilmu ushul hadits memiliki sepuluh hal di atas, yang akan dijelaskan sebagai berikut :

1. Definisi

Ilmu ushul hadist adalah :

علم بأصول و قواعدَ يُعرف بها أحوال السند والمتن من حيث القبول والردّ

”Sebuah ilmu mengenai dasar-dasar dan kaidah-kaidah untuk mengetahui keadaan sanad dan matan ditinjau dari sisi diterima dan tertolaknya”

2. Tema

السند والمتن من حيث القبول والرد

”Diterima atau ditolaknya sanad dan matan (hadist)”

3. Buah/ Hasil/ Tujuan/ Faidah

تمييزالصحيح من السقيم من الحديث

”untuk memilah antara hadist yang sahih dengan hadist yang sakit”

4. Keutamaan

قال النواوي رحمه الله : هو من علوم الأخرة وليس من علوم الدنيا

Imam Nawawi rahimahullah berkata : ilmu ushul hadist termasuk ilmu akhirat, bukan ilmu dunia”

5. Nisbat

هو علم الشرعي

”ilmu ushul hadits termasuk ilmu syari’iy

6. Peletak Dasar

Ulama yang dianggap pertama kali menulis tentang ilmu yang mulia ini di antaranya :

    1. Imam Asy Syafi’i rahimahullah, dalam kitab beliau ar Risalah (الرسالة)
    2. Imam ’Ali bin al Madiniy, guru Imam Bukhariy rahimahumallah
    3. Imam At Tirmidziy rahimahumallah.

Adapun Imam Ibnu Hajar al ’Asqalaniy rahimahullah menyebutkan dalam kitab beliau Nuzhatun Nadzar (نزهة النظر في توضيح نخبة الفكر في مصطلح أهل الأثر) sebagai berikut :

Ulama yang pertama kali menulis tentang ilmu musthalah hadist adalah :

  • Qadhi Abu Muhammad ar Ramahurmuziy rahimahumallah (القاضي أبو محمد الرامَهُرْمُزِي)[1] dalam kitab beliau al Muhadditsu al Fashil (المحدِّثُ الفاصل)[2]
  • Imam al Hakim Abu ’Abdillah an Naisaburiy rahimahumallah [3]
  • Abu Nu’aim al Ashbahaniy rahimahullah[4]
  • al Khatib Abu Bakr al Baghdadiy rahimahullah[5], dengan kitabnya al Kifayah[6] dan al Jami’ li Akhlaqi ar Rawiy wa Adabis Sami’(الجامع لأخلاق الراوي وآداب السامع). Beliau juga memiliki tulisan-tulisan mengenai hampir semua cabang ilmu hadist, sampai-sampai Abu Bakr Ibnu Nutqthah[7] rahimahumallah berkata, ”Setiap orang yang adil telah mengetahui bahwasannya para ulama ahlul hadist sepeninggal al Khatib sangat membutuhkan kitab-kitab beliau”.
  • al Qadhi ’Iyadh[8] rahimahumallah dengan kitab beliau al ilma’[9]
  • Abu Hafsh al Mayanji[10] rahimahumallah dengan kitab beliau ma laa yasa’u al muhaddits jahluhu[11]
  • al Hafidz al Faqih Taqiyuddin Abu ‘Amr ‘Ustman ibn Shalah ibn ‘Abdur Rohman asy Syahrozuriy rahimahullah (577-643H) dengan kitab beliau ‘Ulumul HaditsMuqaddimah Ibnu ShalahIbnu Hajar rahimahullah berkomentar tentang kitab beliau :

فلا يُحْصَى كم ناظمٍ له ومُخْتَصِرٍ، ومستدرِكٍ عليه ومُقْتَصِرٍ، ومعارِضٍ له ومنتَصِرٍ

“Tak terhitung banyaknya para ulama yang membuat nadzam dari kitab beliau, yang meringkasnya, mengoreksi, yang menentang dan juga yang membelanya”.

7. Penamaan

Disebut dengan : ilmu hadist (علم الحديث), mushthalah hadist (مصطلح الحديث), ushul hadist (اَصول الحديث), qawa’id al hadist (قواعد الحديث)

8. Sumber Pengambilan

Diambil dari para ulama ahlul hadist

9. Hukum Syar’iy

Hukum mempelajarinya adalah fardhu kifayah

10. Pembahasan

Permasalahan yang dibahas di antaranya : hadist shahihhasandha’if dan lain-lainnya.


[1] Beliau adalah al Qadhiy al Hasan ibn ‘Abdir Rohman ibn Khallad, wafat sekitar tahun 360H, nisbat beliau adalah sebuah negeri di Khuzistan.

[2] Nama lengkap kitabnya adalah al Muhadditsu al Fashil baina ar Rawi wa al Wa’i (المحدِّث الفاصل بين الراوي والواعي)

[3] Beliau adalah Muhammad ibn ‘Abdillah ibn al Bay’ al Hakim (321-405H) penulis kitab al Mustadrak ‘ala Sahihain. Kitab beliau mengenai ilmu hadist adalah ma’rifatu ‘ulumil hadits.

[4] Beliau adalah Ahmad ibn ‘Abdillah Abu Nu’aim al Ashbahaniy as Shufy (336-430H). Kitab-kitab beliau di antaranya : al Mustakhrij ‘ala ‘ulumil hadist lil Hakim, Hilyatul Auliya’ wa Thabaqatul Ashfiya’ dan Dala’ilun Nubuwwah.

[5] Beliau adalah al Hafidz Ahmad bin ‘Aliy bin Tsabit al Khatib al Baghdadiy (392-463H).

[6] Al Kifayah fi ‘Ilmi ar Riwayah

[7] Beliau adalah Abdul Ghaniy ibn Syuja’ Abu Bakr ibn Nuqthah (579-629H)

[8] Beliau adalah ‘Iyadh ibn Musa ibn ‘Iyadh al Yahshabiy as Sabtiy (476-544H).

[9] Al Ilma’ ila ma’rifati ushulir riwayat wa taqyidis sima’ (الإلماع إلى معرفة أصول الرواية وتقييد السماع).

[10] Beliau adalah Umar ibn Abdul Majid ibn al Hasan al Mayanisyi al Mayanji (W.581H).

[11] Para ulama telah memberikan penilaian atas kitab ini, isinya justru berkebalikan dengan judul kitab karena memuat hal-hal yang tidak penting !!

——-

artikel : http://www.reevy.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: